HEADLINE NEWS

Senin, 23 Mei 2011

Bajing Loncat Beraksi, Muatan Rp350 Juta Raib

Truk Fuso bernomor polisi B 9390 CU berisi 20 ton minyak rem dirampok di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jatiasih, Sabtu kemarin. Hilangnya truk itu baru diketahui setelah laporan pemilik truk ke Polsek Jatiasih Minggu petang, 22 Mei 2011.

"Ya, benar, dari laporan yang kami terima, pemilik truknya membuat laporan di Polsek kami. Dia katakan bahwa truk miliknya berisi minyak dirampok orang," kata Kapolsek Jatiasih Ajun Komisaris Polisi Darmawan Karosekali di Bekasi, Minggu 22 Mei 2011.

Karosekali menambahkan, peristiwa itu terjadi 100 meter dari pintu tol Jatiasih menuju Cikampek, Jawa Barat. Perampok kawanan bajing loncat yang diduga berjumlah lima orang itu menjalankan aksinya menggunakan mobil Daihatsu Terios warna hitam.

"Truk itu masuk dari pintu tol Jatiasih. Setelah melaporkan hilangnya truk itu, kasusnya kemudian dilimpahkan ke Polda Metro Jaya," kata dia. Kerugian yang dialami pemilik truk sekitar Rp350 juta.

"Dari informasi Berita Acara Pemeriksaan, perusahaan truk itu berdomisili di Tangerang, truk mau kirim minyak rem berjumlah besar. Rencananya akan dikirim ke Cibitung, Bekasi, dan Cikampek," jelas dia.

Informasi yang dihimpun, lima pelaku yang berulah di jalan tol Jakarta Outer Ring Road itu menggunakan senjata api jenis walter. Selain merampok dan membawa truk itu, pelaku juga menggasak uang perjalanan sebesar Rp5 juta dan sebuah ponsel. Truk itu milik PT Kurnia Sakti Wibawa, sopir bernama, Nuryadin (28), sedangkan kernet, Dede (29).

Kapolresta Bekasi Kota Komisaris Besar Polisi Imam Sugianto menuturkan, kedua korban dibawa masuk ke mobil Daihatsu Terios. Di dalam mobil itu kedua korban disekap dengan mata tertutup lakban, tangan dan kaki juga diikat lakban. Kemudian, pelaku membawa kedua korban dan membuangnya di pinggir tol Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Perampokan baru diketahui setelah kedua korban ditemukan petugas Patroli Jalan Raya di Tol Cileunyi. Beberapa jam setelah aksi perampokan, truk tangki di tol JORR Jatiasih, Polresta Bekasi Kota dibantu Tim Resmob Polda Metro Jaya berhasil menangkap dua pelaku perampokan itu. Kini kedua pelaku perampokan berinisial T dan H telah diamankan di Markas Polda Metro Jaya.

Imam menjelaskan, setelah mendapat laporan, pihaknya dibantu tim Resmob Polda Metro Jaya langsung melakukan penyelidikan. Petugas sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas juga dapat mengamankan barang bukti mobil truk tangki minyak rem itu di sekitar tol Cileunyi.

"Kami juga sudah menangkap dua pelaku perampokan sisanya dalam pengejaran Resmob Polda dan Reskrim Polresta Bekasi Kota," ungkapnya. Dua pelaku yang telah diamankan yakni, T dan H dengan barang bukti sebuah senjata api jenis walter. Sementara itu, tiga pelaku lainnya yakni, F, S, dan UB yang merupakan komplotan asal Serang Banten ini masih dalam pengejaran.